Jenis pleci Di Indonesia

4:05 AM
  Jenis pleci di Indonesia.  =  Semua jenis burung dari keluarga Zosteropidae memang dikenal mempunyai khas gacor ngalas panjang yang sukar dimiliki oleh jenis burung penyanyi lain seperti Murai Batu, Anis Merah, Branjangan, Cucak Ijo, Kacer dan lain2.Pleci merupakan burung pengicau mungil yang peminatnya terbilang banyak khususnya di Indonesia.dari kian waktu juga semakin meningkat. Hal tersebut memang sangat wajar, karena pleci adalah burung unik yang mempunyai keindahan suara dan tubuh. Burung Pleci yang ada di Tanah Air bisa ditemui dalam berbagai jenis, mulai dari Pleci Dakun Maput,Dakun Macok, Auriventer, Buxtoni, Montanus, Dakun Bali, Black Capped dan Salvadori Enggado. Semua pleci tersebut sama-sama mempunyai keindahan fisik maupun suara merdu yang hampir sama. berbagai event perlombaan kicau di berbagai daerah dan kota membuat burung ini begitu populer di mata kicau mania dan cukup menjadi perburuan utama bagi pecinta burung.

 Berikut adalah berbagai macam jenis pleci, di Indonesia yang biasa dibincangkan para kicau mania.Mulai dari ciri fisik,kicauan, tingkah laku, daerah asal dan sebagainya, semua bisa Anda ketahui. Tentu informasi yang saya berikan ini bisa Anda manfaatkan dan sekaligus bisa menjadi acuan jenis burung kacamata mana yang lebih menarik untuk Anda beli sebagai andalan dalam perlombaan.

     
 1. Pleci Dada Kuning Maput
 Pleci Dakun Mata Putih merupakan salah satu yang bisa dibilang paling istimewa, sebab ia mempunyai kelebihan suara yang lebih lantang daripada sejenisnya. Selain itu, burung yang juga kerap disebut dengan nama Pleci Muria dan Kudus ini juga diketahui memiliki mental bagus yang tak jarang dijadikan ikon utama di setiap kontes Dakun Maput ini berasal dari Gunung Muria, Tawa tengah. Dengan ciri mempunyai suara kristal nyaring dan memiliki  iris mata bewarna putih.

2. Pleci Dada Kuning Macok
Pleci Dakun Mata Coklat merupakan salah satu jenis Pleci yang paling lakukarena rata-rata pemelihara beranggapan bahwa perawatan burung kerdil yang satu ini lebih mudah dan harga yang ada di pasaran juga relatif lebih  terjangkau a mempunyai ciri yang juga mudah untuk dikenali, yakni memiliki suara kristal keras, iris mata berwarna coklat dan punggung maupun dada bewarna kuning.Dakun Macok ini hampir bisa ditemui di seluruh daerah dan kota-kota besar di Pulau Jawa.

  3. Pleci Auriventer
  Pleci Auriventer berbeda dari jenis kacamata lain, baik itu dari segi tubuh maupun kicauan ia dikenal sebagai burung yang lebih agresif dan mempunyai suara yang lebih ngebass dari sejenisnya.harganya dipasaran cukup mahal, karena keberadaanya juga tidak begitu banyak. Di Indonesia sendiri, wilayah penyebaran meliputi Kepulauan Riau, Pulau Bangka, Kepulauan Natuna Selatan, Kalimantan hingga pesisir pantai timur Sumatra.Ia memiliki badan lebih panjang daripada Pleci Dakun


  4. Pleci Buxtoni
  jenis pleci yang satu ini,anah Air tidak sulit untuk ditemukan. Burung kacamata yang satu ini banyak sekali
 dijual ombyokan di berbagai pasar burung di Jabar. Selain itu, ia juga mempunyai postur tubuh yang lebih berisi dan bulat serta mempunyai suara kristal yang lebih melengking dan kerasuntuk membedakan adalah warna punggung  cenderung lebih gelap, lingkar mata lebih tipis dan iris mata bewarna coklat.Wilayah penyebaranya meliputi Jawa  Barat dan sebagian daerah Pulau Sumatera.

  5. Pleci Dakun Bali
  pleci jenis ini mempunyai ukuran tubuh relatif lebih besar dan lingkar putih di sekitar bagian mata lebih lebar. Selain itu ia juga mudah dikenali dengan suara yang dimiliki yang dinilai cukup khas, yakni mempunyai kicauan yang menyerupai suara anak Ayam Ngalas hampir tidak ada bedanya dengan burung kacamata jawa
mental burung asal Bali ini tidak terlau bagus,ia tidak terlau berani berkicau pada saat ada manusia,terkecuali untuk yang sudah master.

  6. Pleci Salvadori Enggano
  Pleci Salvadori Enggano ini mempunyai kicauan yang bisa dibilang lebih sempurna Pleci ini sudah bisa menyita perhatian banyak orang. Ditambah lagi postur yang cenderung lebih besar dari sejenisnya,membuat ia banyak di cintai dikslsngsn pecinta burung,Bermodalkan suara pleci ngebass kencang yang mendayu-dayu,Burung kacamata ini mempunyai magnet tersendiri bagi pecinta burung diindonesia,Wilayah peyebaran paling banyak untuk jenis burung ini berada di pulau sumatera.

Demikian sedikit ulasan saya dari beberapa pleci yang ada di Indonesia semoga bermanfaat bagi para kicau mania.

0 Response to "Jenis pleci Di Indonesia"

Post a Comment