Bermacam Macam Jenis Burung Pleci Lengkap Dengan Gambarnya

3:05 AM






Bermacam Macam Jenis Burung Pleci Lengkap Dengan Gambarnya

  Pada dasarnya Burung pleci merupakan salah satu burung kicau yang tergolong banyak peminatnya
di indonesia.dari weaktu ke waktu peminatnya kian bertambah,hal tersebut sangatlah wajar dikarenakan burung pleci merupakan burung unik yang memiliki keindahan suara dan juga tubuhnya yang mungil menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

  Di Indonesia khususnya,Burung pleci terbagi menjadi beberapa jenis yaitu mulai dari Pleci Dakun Maput, Dakun Macok,Auriventer, Buxtoni, Montanus, Dakun Bali, Black Capped dan Salvadori Enggado. Semua pleci tersebut sama-sama mempunyai keindahan fisik maupun suara merdu yang hampir sama.sebagian besar dari jenis burung pleci yang ada di tanah air sering mewarnai dari setiap event perlombaan,maka dari itulah burung pleci begitu populer dikalangan pleman atau pleci mania Burung pleci masuk dalam jenis zosteropidae yang dikenal mempunyai gacoran khas ngalas panjang yang sukar dimiliki oleh jenis burung penyanyi lain.

  Berikut akan saya ulas beberapa jenis pleci yang ada di Indonesia,agar bisa menjadi referensi bagi anda yang belum tahu tentang burung pleci apa yang pas buat anda miliki dan menjadi jagoan dalam perlombaan.


Pleci Salvadori Enggano

Hasil gambar untuk pleci salvadori enggano

  Jenis pleci yang satu ini cukup menarik untuk kita bahas,sebab burung ini mempunyai kicauan yang cukup sempurna dengan modal suara yang ngebas kencang dan mendayu dayu,menjadikan burung pleci ini menyita perhatian banyak orang.dengan postur tubuhnya yang lebih besar dari sejenisnya mak menjadikan burung pleci ini di senangi banyak pleci mania.Burung ini mempunyai ciri fisik berupa dada bewarna abu-abu gelap dengan sedikit bercampur warna kuning. Di bagian kepala juga terdapat semburat yang bewarna hitam.Wilayah peyebaran paling banyak untuk jenis burung ini berada di pulau sumatera.

 Pleci Dakun Bali


Hasil gambar untuk pleci dakun bali
  Jenis burung pleci yang satu ini memang hampir tak ad bedanya dengan pleci jawa.hanya beberapa ciri fisik yang dapat kita lihat untuk membedakan jenis pleci ini dengan jenis pleci jawa,di lihat dari ukuran tubuhnya pleci ini mempunyai postur tubuh yang lebih besar dan lingkar putih disekitar mata lebih lebar selain itu juga mudah dikenali dengan suara yang dimiliki yang di nilai cukup khas.Burung pleci dakun bali juga mempunyai warna tubuh yang lebih hijau dan terang,
utnuk mentalburung pleci dakun bali tidaklah terlalu bagus sebab tidak terlalu berani berkicau pada saat ada manusia,kecuaali bagi burung yang sudah master.

Pleci Black Capped


Hasil gambar untuk pleci black capped
  Burung pleci jenis ini mempunyai dahi berwarna hitam,banyak dari para penghobi burung kicau yang tertarik karena keunikan karakter burung ini.burung ini mempunyai suara yang ngebas dan ngalasBurung ini mempunyai warna dada yang keabu-abuan dengan kombinasi warna kuning dan hijau di punggung. Iris mata berwarna coklat, namun juga ada yang bewarna putih,untuk habitat penyebaranya sendiri paling banyak dipulau sumatra.

Pleci Montanus


Hasil gambar untuk pleci montanus
  Untuk ciri fisik dari pleci jenis ini yaitu mempunyai warna perut keabu-abuan dan semua sisi tubuhnya bewarna kecoklatan serta tunggingnya bewarna kuning. Selain itu, iris mata yang dimiliki bewarna putih Pleci jenis ini disebut juga dengan sebutan pleci gunung,pleci ini mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dan bisa mencapai ukuran 11 cm.Burung ini cukup mudah ditemukan karena bisa ditemui hampir diseluruh jawa.

Pleci Buxtoni


Hasil gambar untuk pleci buxtoni
  Burung pleci yang satu ini sangatlah mudah untuk kita temukan karena banyak sekali dijual diberbagai pasar burung di jawa barat ciri fisik dari pleci jenis ini yaitu mempunyai postur tubuh yang lebih berisi dan bulat serta mempunyai suara kristal yang lebih melengking dan keras.Ciri untuk membedakan adalah warna punggung cenderung lebih gelap, lingkar mata lebih tipis dan iris mata bewarna coklat.Wilayah penyebaran paling banyak untuk burung Pleci Buxtoni ini meliputi Jawa Barat dan sebagian daerah Pulau Sumatera

Pleci Dada Kuning Maput


Hasil gambar untuk pleci dakun maput
  Untuk pleci jenis ini merupakan jenis pleci yang paling istimewa sebab ia mempunyai kelebihan suara yang lebih lantang daripada sejenisnya. Selain itu, burung yang juga kerap disebut dengan nama Pleci Muria dan Kudus ini juga diketahui memiliki mental bagus Burung pleci jenis ini berasal dari Gunung Muria jawa tengah.

Pleci Dada Kuning Macok


Hasil gambar untuk pleci dakun macok
  Burung kacamata yang satu ini mempunyai perawatan yang lebih mudah selain itu burung yang satu ini juga lebih laku dipasaran sebab harganya yang cukup terjangkau bagi setiap kalangan.Burung Dakun Macok ini hampir bisa ditemui di seluruh daerah dan kota-kota besar di Pulau Jawa. Ia mempunyai ciri yang juga mudah untuk dikenali, yakni memiliki suara kristal keras, iris mata berwarna coklat dan punggung maupun dada bewarna kuning

Pleci Auriventer

Hasil gambar untuk pleci auriventer
  Burung Pleci yang satu ini di kenal sebagai burung yang agresif dan mempunyai suara yang lebih ngebas dari sejenisnya Maka tak heran jika burung Pleci Auri ini harganya di pasaran cukup mahal,
Di Indonesia keberadaanya tidaklah cukup banyak,burung yang satu ini mempunyai  badan lebih panjang daripada Pleci Dakun, iris mata bewarna coklat dan dadanya berwarna keunguan dengan garis kekuningan Untuk wilayah penyebaranya sendiri meliputi Kepulauan Riau, Pulau Bangka, Kepulauan Natuna Selatan, Kalimantan hingga pesisir pantai timur Sumatra.

0 Response to "Bermacam Macam Jenis Burung Pleci Lengkap Dengan Gambarnya"

Post a Comment